Gunung, Danau serta Blue Fire Kawah Ijen Inilah Keindahan Banyuwangi

Advertisement

Wisata Danau Kawah Gunung Ijen


http://www.sewahomestaybromo.com/2018/07/wisata-danau-kawah-gunung-ijen.html
Wisata Kawah Ijen Banyuwangi/Bondowoso merupakan salah satu obyek wisata Indonesia terbaik yang berada di jawa yakni Propinsi Jawa Timur. Terletak di bagian ujung paling timur danau ijen memiliki pesona keindahan yang luar biasa membuat para traveler terpana serta bedecak kagum memandanginya.

Tepatnya diperbatasan dari 3 kabupaten yaitu Bondowoso, Banyuwangi dan Situbondo. Obyek wisata yang fenomenal ini sebenarnya baru-baru saja dikenal oleh masyarakat luas mungkin hanya dalam sekitar dekade saja tidak seperti wisata bromo yang sudah sejak lampau dikenal masyarakat dunia. 

Terkenalnya wisata danau kawah gunug ijen tidak lepas dari peran serta pemerintah kabupaten banyuwangi dan pemerintah provinsi jawa timur, berbagai macam cara dilakukan oleh dinas pariwisata seprti Tour de Ijen dan Festival Jazz Gunung tujuannya untuk mempromosikan wisata kawah ijen sebagai wisata favorit baik dikalangan wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

Wisata Kawah Ijen merupakan sebuah danau kawah (kaldera) terbesar di Provinsi Jawa Timur Indonesia bahkan didunia. bisa para traveler bayangkan yang sudah pernah ke wisata bromo kaldera yang dimiliki wisata bromo atau padang pasir itu sama dengan luas yang dimiliki danau kawah gunung ijen, waww... sunggguh eksotis.

danau kawah berupa cairan asam belerang lokasinya berada disebelah puncak ijen dengan ketingguan 2.365 meter diatas permukaan laut. serta juga memiliki kawah dengan kedalaman sekitar 200 meter, dikelilingi oleh dinding kaldera dengan tinggi antara 300-500 meter, serta luas danaunya kurang lebih luasnya 5500 Hektar. kawah gunug ijen merupakan penghasil belerang terbesar didunia yang bisa menghasilkan belerang 70 ton perhari.

Danau Kawah Ijen ini berada dalam wilayah taman nasional di Jawa Timur yaitu Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Kabupaten Bondowoso, dan telah meletus beberapa kali  yaitu padaa tahun 1796, 1817, 1913 dan 1936. Pada tahun 2011 - 2012 sempat ditutup sementara karena mengeluarkan gas beracun yang cukup berbahaya bagi manusia/pengunjung.

Wisata Kawah Ijen


Wisata Gunung Ijen punya daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dengan danau yang berwarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap belerang yang menyelimuti kawah terlihat sangat indah. Dengan lokasi yang cukup tinggi maka bisa di ketahui bahwa gunung ijen mempunyai udara dan suhu yang cukup dingin. yaitu antara 16 derajat celcius, bahkan pada musim-musim tertentu suhu ditempat ini bisa mencapai suhu 0 derajat celcius.

Saat pagi hari, kawah gunung ijen berwarna hijau tosca kebiruan dengan cahaya matahari berwarna keemasan memantul dari permukaan kawah akan menhhasilkan pesona alam yang menakjubkan. Di lokasi ijen crater terdapat sebuah tambang belerang,

Dimana para wisatawan bisa melihat aktivitas para penambang belerang (Ijen minner) yang memikul belerang menyusuri jalan sempit nan curam dan dipenuhi oleh gas beracun. Yang paling menarik adalah bahwa pada danau kawah bisa memproduksi sekitar 36 juta m3 belerang dan hidrogen klorida. Namun pengunjung juga harus  hati hati karena derajat keasaman 0 yang bisa melarutkan baju dan jari Anda.


Blue Fire Kawah Ijen

http://www.sewahomestaybromo.com/2018/07/wisata-danau-kawah-gunung-ijen.html
Salah satu hal yang membuat wisata gunung ijen berbeda dengan wisata gunung diindonesia bahkan dunia, seperti wisata kawah putih bandung, wisata bromo, gunung semeru dan gunung kelud, dll. di ijen ini adanya fenomena alam yakni api biru yang familiar disebut dengan blue fire, blue flame, blue lava. itulah yang membuat daya tarik tersendiri dan membuat penasaran paca pecinta wisata adventure.

Bahkan didunia ini hanya ada 2 fenomena api biru, yaitu di iceland dan gunung ijen saja. Tidak mengehrankan jika saat ini wisata ijen bisa menjadi salah satu wisata yang bisa menghipnotis para wisatawan untuk datang ke Jawa Timur Indonesia karena keindahan alam nya dan keunikan api biru yang dimiliki wisata ijen memang sangat luar biasa indahnya.

Blue Fire digunung ijen hanya dapat dilihat pada kondisi gelap saja. Jadi Anda harus memilih paket tour blue fire ijen pada tengah malam sampai sebelum matahri terbit. atau diperkirakan sekitar jam 01.00 sampai jam 04.00 dini hari.

Rute dan Jalan Menuju Wisata Gunung Ijen


Bagi para pecinta travelling ala backpacker  yang hobi dengan wisata adventure, untuk mencapai lokasi wisata kawah ijen dapat ditempuh dari dua arah yaitu,

1. Melalui jalur utara, bisa di tempuh melalui Kabupaten Situbondo - Bondowoso - Wonosari - Desa Sempol - Paltuding. Jarak dari Situbondo ke Pos Paltuding sekitar 93 Km dan dapat ditempuh sekitar kurang lebih  2,5 jam.

2. Melalui jalur selatan, yaitu melalui Kota Banyuwangi -  Desa Licin - Paltuding dengan jarak total tempuh sekitar 40 km dari Banyuwangi. Kondisi jalan cukup ekstrim, berkelok dan curam. Jadi disarankan memakai kendaraan 4WD atau sewa jeep di sekitar licin untuk menuju pos pintu masuk wisata ijen.

Jika anda pecinta wisata masih kebingungan dengan peta jalur dan lokasi wisata kawah ijen silhkan bisa simak atau klik disini

Itulah sedikit Informasi tentang Wisata Danau Kawah Gunung Ijen semoga bermanfaat, untuk pemesanan paket wisata bromo, wisata bromo kawah ijen, wisata bromo malang, serta sewa jeep bromo dan penginapan bromo murah silahkan hubungi Kontak Kami.


Wisata Danau Kawah Gunung Ijen